Suzuki Hayabusa (atau GSX1300R) adalah sepeda motor motor sport yang dibuat oleh Suzuki sejak tahun 1999. Segera memenangkan pujian sebagai produksi sepeda motor tercepat di dunia, dengan kecepatan tertinggi 188-194 mil per jam (303-312 km / jam).
Hayabusa (隼?) Adalah Jepang untuk "elang pemburu", burung yang sering berfungsi sebagai metafora untuk kecepatan karena menyelam berburu vertikal, atau membungkuk, kecepatan 180-202 mil per jam (290-325 km / jam), tercepat burung apapun. [6] [7] Secara khusus, pilihan nama tersebut dilakukan karena elang peregrine memangsa burung hitam, [8] yang mencerminkan maksud dari Hayabusa asli untuk menggeser Honda CBR1100XX super Blackbird sebagai dunia sepeda motor produksi tercepat [9] [10] [11] Akhirnya, Hayabusa berhasil mengungguli super Blackbird oleh setidaknya penuh 10 mil per jam (16 km / jam). [4] [12].
Nilai media melaporkan untuk perjanjian kecepatan dalam mil per jam secara konsisten 186 mph, sementara di kilometer per jam itu bervariasi 299-303 km / jam, yang diberikan Unit pembulatan konversi kesalahan khas. Angka ini juga dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor eksternal, [13] [14] demikian juga nilai-nilai tenaga dan torsi.
Pada tahun 2000, kekhawatiran reaksi atau larangan impor regulasi Eropa [15] [16] [17] menyebabkan kesepakatan informal antara pabrikan Jepang dan Eropa untuk membatasi kecepatan tertinggi motor mereka pada batas yang sewenang-wenang. [18]
Kondisi di mana keterbatasan ini diadopsi menyebabkan 1999-2000 [2] [3] gelar Hayabusa yang tersisa, setidaknya secara teknis, tak tergoyahkan, karena ada model berikutnya bisa pergi lebih cepat tanpa dirusak. [19] Dengan demikian, setelah banyak diantisipasi [20] [21] [22] Kawasaki Ninja ZX-12R 2000 turun 4 mph (6 km / h) pendek mengklaim gelar, Hayabusa dijamin tempatnya sebagai yang tercepat standar sepeda produksi abad ke-20. [23 ] [24] [25] Hal ini memberikan terbatas 1999-2000 [2] [3] model lebih cap dengan kolektor. [26]
Selain kecepatan, Hayabusa telah dipuji oleh banyak pengulas untuk kinerja semua-bulat, dalam hal ini tidak secara drastis kompromi kualitas lain seperti penanganan, kenyamanan, keandalan, kebisingan, ekonomi bahan bakar atau harga dalam mengejar fungsi tunggal. [5 ] [27] [28] Jay Koblenz sepeda Motor Konsumen Berita berkomentar, "Jika Anda pikir kemampuan sepeda motor mendekati 190 mph atau mencapai seperempat mil dalam waktu kurang dari 10 detik paling-paling sembrono dan paling buruk ofensif, ini masih tetap sepeda motor yang layak hanya dipertimbangkan. The Hayabusa adalah Kecepatan dalam segala kemuliaan. Tapi Kecepatan tidak semua Hayabusa adalah. "[27]
Isi [hide]
1 Generasi Pertama (1999-2007)
1.1 Top speed dibatasi oleh perjanjian
1.2 Perkembangan lain
1.3 Kinerja dan pengukuran
2 Generasi kedua (2008-)
2.1 Perencanaan
2.2 revisi Teknis
2.3 Perkembangan lain
2.4 Kinerja dan pengukuran
3 Penjualan
4 motor Kompetitif
5 versi Kustom
Peningkatan 5.1 Daya
6 Polisi menggunakan
7 Kegunaan lain dari mesin Hayabusa
8 Lihat juga
9 Catatan
10 Referensi
11 Pranala luar
Generasi pertama (1999-2007) [sunting]
1999-2007
Sebuah sepeda motor sport modern dengan tertutup bodywork hitam dan abu-abu bersandar pada sidestand pada batu paving halus di depan dinding putih.
Juga disebut GSX-1300R-X (1999), GSX-1300R-Y (2000), GSX-1300R-K1-K7 (2001-2007)
Mesin 1.299 cc (79,3 cu in), 4-stroke inline-empat, liquid-cooled, DOHC, 16-valve, rasio kompresi 11: 1, Keihin / Denso bahan bakar injeksi, bah basah
Bore / Stroke 81,0 mm x 63,0 mm (3.19 di × 2.48 in)
Top speed
1999-2000 188-194 mph (303-312 km / jam) [2] [3]
2001-2007 186 mph (299 km / h) [4] [5] Lihat kinerja dan pengukuran
Daya belakang roda 151,5-162,6 bhp (113-121 kW) @ 9.500-9.750 rpm bhp, Lihat kinerja dan pengukuran
Torsi 93,4-99,6 lb · ft (126,6-135,0 N · m) @ 6.750-7.000 rpm, Lihat kinerja dan pengukuran
Transmisi 6-speed, jala konstan, # 532 rantai drive
Suspensi depan Inverted telescopic fork, sepenuhnya disesuaikan spring preload, 14-way adjustable rebound damping dan 13-way adjustable damping kompresi
Belakang Link-jenis, gas / minyak teredam, sepenuhnya disesuaikan spring preload, 22-way adjustable kompresi & rebound damping
Rem depan 6-pot kaliper Tokico pada 320 mm disc stainless steel
Belakang cakram hidrolik Tunggal
Battlax BT56 ban Bridgestone depan 120/70 ZR-17-, Belakang 190/50 ZR-17-
Rake, trail 24,2 °, 3,8 di (97 mm)
Wheelbase 1.485 mm (58,5 in)
Dimensi L: 2.140 mm (84,3 in)
W: 740 mm (29,1 in)
H: 1,155 mm (45,5 in)
Kursi tinggi 805 mm (31,7 in)
Lihat kinerja berat dan pengukuran 215-242 kg (474-534 lb) (kering)
250-255,3 kg (551-563 lb) (basah)
Kapasitas bahan bakar 21 L (4,6 imp gal; 5.5 US gal)
(California 19 L (5.0 gal AS))
Konsumsi bahan bakar '99 37 mpg-US (6,4 L / 100 km), [29] 38,5 mpg-US (6.11 L / 100 km) [27] '05 32 mpg-US (7,4 L / 100 km) [29]
Ketika pertama kali ditunjukkan kepada pers pada tahun 1999, pertama Hayabusas membuat kesan yang mendalam. [5] Tidak ada sepeda motor sebelumnya telah memecahkan model produksi rekor kecepatan tertinggi dengan marjin tersebut, 10 sampai 14 mph (16-23 km / jam), tergantung yang diukur kecepatan sumber itu mengandalkan untuk CBR1100XX dan GSX-1300R. [4] [27]
Generasi pertama memiliki 1.299 cc (79,3 cu in), inline-4 mesin liquid-cooled dengan enam belas katup didorong oleh Cams ganda overhead. Konfigurasi ini, teknologi biasa-biasa saja untuk waktu itu, menyampaikan catatan-pengaturan diklaim 173 tenaga kuda rem (129 kW) pada poros engkol berdasarkan perpindahan terbesar yang pernah di motor sport, dan sistem ram udara yang memaksa sejuk, udara bertekanan ke dalam silinder dengan kecepatan [4] [27] Dikombinasikan dengan aerodinamis yang canggih, mesin kuat ini didorong. kecepatan Hayabusa jauh di atas Honda CBR1100XX Blackbird oleh lompatan signifikan, kontras dengan keuntungan tambahan yang mendahului Suzuki entri olahraga hiper. The 1997 karburator CBR1100XX sebelumnya hanya beringsut melewati pemegang rekor kecepatan tertinggi sebelumnya, Kawasaki Ninja ZX-11 dari 1990. [5]
Mesin Hayabusa memiliki kelimpahan listrik sepanjang seluruh rpm Band-nya. The 1.299 cc powerplant adalah mesin motor sport terbesar dan paling kuat ketika diperkenalkan pada tahun 1999, dan tetap yang terbesar sampai Kawasaki ZX14 dirilis.
Kelimpahan Hayabusa kekuasaan pada setiap putaran mesin membuat Hayabusa mudah untuk naik dengan memberikan pengendara pilihan yang lebih besar dari pemilihan gigi untuk kecepatan tertentu dan akselerasi yang menakjubkan. [27]
Saluran ram udara di depan terkulai tersebut, bulat hidung meremas daerah frontal jauh dari lampu, dan ini, bersama dengan kebutuhan untuk daerah frontal sempit, mengharuskan lampu ditumpuk dan balok tinggi di belakang lensa tunggal. Selain itu, kebutuhan untuk mengurangi hambatan ekstrim ditemui pada kecepatan tinggi ditentukan seluruh bulat Hayabusa, dan banyak dikritik, desain bodywork. Koblenz mengatakan, "styling non-tradisional menghasilkan kontroversi utama dari Hayabusa." [27] Bila dilihat melalui mata orang-orang yang dinilai keindahannya berdasarkan fungsinya, atau diberi sedikit waktu untuk membiasakan diri, yang terlihat sepeda menemukan pengagum. [27] [30] mencolok dua nada tembaga / perak skema cat sama dicintai oleh beberapa dan dibenci oleh orang lain, tetapi berhasil jika maksud dari, produk unggulan semua-baru untuk membuat pernyataan yang berani. [27] Jadi sementara itu disebut jelek oleh sebagian pers, [21] [26] [31] bentuk aerodinamis ini adalah kunci untuk kemampuan Hayabusa untuk mencapai kecepatan rekor. [4]
Sisi bodywork dari sepeda motor sport dengan legenda Hayabusa ditumpangkan pada karakter Jepang 隼.
Fairing decal dari karakter Jepang 隼, elang pemburu.
Merefleksikan pada tahun 2009 pada desain awal, pencipta Hayabusa kita lihat, Suzuki Koji Yoshirua, mengatakan bahwa maksud pada tahun 1999 adalah, "untuk membuat desain yang agak aneh dan membuat dampak awal yang kuat ... misi adalah untuk menciptakan total styling baru yang tidak akan keluar dari tanggal dalam beberapa tahun, dan styling yang akan menjadi 'Wajah' dari Suzuki. "Yoshirua juga mengatakan bahwa tujuannya adalah bukan untuk mencapai status sepeda motor produksi tercepat, yang pada tahap awal direncanakan untuk menjadi hanya 900 sampai 1.100 cc (55-67 cu in), tapi itu, "sebagai konsekuensi dari, mengejar yang terbaik penanganan, akselerasi, keamanan, listrik, kemampuan, styling asli, dll, naik untuk kebaikan pelanggan, itu menjadi 'Tercepat produksi sepeda motor' ... dengan melakukan ini, setelah model keluar di pasar dan kinerja itu telah terbukti, saya berpikir bahwa orang akan mulai menunjukkan minat terhadap desain aneh, dan kemudian desain tersebut akan berlapis dalam pikiran masyarakat. "[32]
Mesin menggunakan counterbalancer gigi-didorong untuk mengurangi getaran ke titik bahwa mesin bisa solid dipasang ke frame, untuk tujuan meningkatkan kekakuan sasis. Mempekerjakan bingkai balok kembar konvensional, sepenuhnya disesuaikan terbalik garpu, menggunakan khusus dikembangkan ban Bridgestone, dan menjadi relatif ringan di £ 473 (215 kg) kering, penanganan Hayabusa dianggap sangat baik untuk mesin kelas ini. [4] Satu reviewer , Koblenz, mencatat ragu-ragu mungkin terkait dengan miskin pemetaan rendah rpm pada kecepatan rendah, terlihat sebagai "jeda dan sedikit kesukaran" ketika bergulir dan mundur throttle. [27] Kecil FI revisi kecepatan rendah yang ditujukan [klarifikasi diperlukan] dengan baik "Yosh Box" atau "Teka SFI" alat FI penyesuaian. [rujukan?]
Top speed dibatasi oleh perjanjian [sunting]
Artikel utama: Daftar motor produksi tercepat § kesepakatan Gentlemen untuk mengakhiri kompetisi
Dengan rumor dan kemudian pre-release pengumuman kekuasaan lebih besar di Kawasaki Ninja ZX-12R tahun 2000, jelas berusaha untuk menggeser Suzuki dan mendapatkan kembali hak membual menguntungkan, perang kecepatan tampaknya meningkat. Ada kekhawatiran dari pembantaian dan kekacauan dari sepeda motor mendapatkan penghinaan lebih cepat setiap tahun, dan ada pembicaraan tentang mengatur motor sport hiper, atau melarang impor mereka ke Eropa. [9] [15] [17] [20]
Tanggapan kesepakatan yang disebut pria antara produsen Jepang dan Eropa untuk elektronik membatasi kecepatan sepeda motor mereka untuk 300 km / h (186 mph). [4] [33] Perjanjian resmi masuk sepenuhnya berlaku untuk model 2001 tahun. [2] [3] Jadi untuk 2001 [2] [3] model, dan orang-orang karena, pertanyaan yang sepeda tercepat hanya bisa dijawab dengan cara merusak sistem kecepatan membatasi, yang berarti bahwa itu tidak lagi kontes antara saham, sepeda motor produksi, membebaskan produsen menyalahkan dan membiarkan mereka yang tidak cukup secepat menghindari kehilangan muka. [19] Kedua Kawasaki dan Suzuki akan mengklaim, setidaknya secara teknis, memiliki sepeda motor produksi tercepat di dunia. [rujukan?]
Tidak ada komentar:
Posting Komentar